Seleksi Penerimaan Karyawan BPJS Ketenagakerjaan 2017 (Bag. 1)

Kali ini gue mau bahas secara rinci proses penerimaan karyawan BPJS Ketenagakerjaan setelah sebelumnya blog gue cuma berisi tugas kampus dan kayanya gak menarik banget gitu *okeskip*.

Sebelumnya perkenalan dulu, gue calon karyawan yang berdomisili di DKI Jakarta, tepatnya Jakarta Timur. Waktu itu tau kalo BPJS Ketenagakerjaan lg buka rekrutmen dr grup whatsapp, temen gue ngirim gambar kaya gini:

Tanpa ba-bi-bu gue langsung meluncur ke link yg di gambar tsb, liat apa aja lowongan yg tersedia dan apa kualifikasinya. Singkat cerita gue apply untuk posisi Penata Madya Keuangan, disitu kualifikasinya enggak ada tinggi badan jd aman buat orang bantet macem gue, tapi disitu ada kualifikasi “diutamakan memiliki pengalaman”, yah hopeless deh gue. Sempet bingung dan beralih ke Penata Madya Umum, tp kalo umum kualifikasinya untuk semua jurusan jd pasti lebih banyak saingannya (logika gue sendiri). Akhirnya, beralih lg ke Penata Madya Keuangan, dengan memantapkan hati dan optimis kalo rejeki ga akan kemana.

Akhirnya gue login, isi biodata, upload foto seluruh badan dan setengah badan, isi pengalaman kerja, pengalaman organisasi dll.

2 minggu berlalu, temen gue ngasih kabar kalo dia lulus administrasi, disitu gue mulai mikir macem macem: “kok dia dikasih tau ya, kok gue enggak ya” “apa gue ga lulus gara gara gue pendek” dan pikiran pikiran semerawut lainnya. Akhirnya gue inisiatif buat nanya ke akun twitter @BPJSTKinfo, disitu adminnya bilang yg lulus dan enggak lulus PASTI dikasih tau lewat notif/email/sms. Oke mulai selow dikit. 1 hr berlalu ga dapet juga mulai panik, dan akhirnya pasrah dan bilang lg ke diri sendiri “kalo rejeki ga akan kemana”. Dan akhirnya!! Jeng..jeng.. ketika mata ini terbangun dari tidurnya (okelebay), tepatnya jam 03.36 tgl 18 Maret 2017 gue dpt sms dan email yg isinya hasil seleksi online sudah di upload, dan gue disuruh untuk login ke website rekrutmen. Dan alhamdulillah gue lulus administrasi, dan dijadwalkan lanjut ke Seleksi Tahap 1: Seleksi Online tgl 22 Maret 2017. Sumpah disini gue terharu walaupun gue tau perjalanan ini masih panjaaaaang bgt. *okelanjut*

Tgl 21 Maret 2017, sehari sebelum gue tes online gue dikasih kabar kalo tesnya diundur :’) Gue disuruh login kembali ke website rekrutmen untuk liat jadwal re-schedule-nya. Gue dijadwalkan kembali buat tes tgl 26 Maret 2017. Dan lagi lagi!! Sehari sebelum gue tes, tgl 25 Maret 2017 gue dikasih kabar tesnya diundur lg dan jadwalnya dikasih tau kemudian, itu artinya disitu status gue “ngambang”. Sumpah perih bgt ati, tp masih berusaha untuk optimis.

3 minggu kemudian, tgl 17 April 2017 gue dpt sms dan email lg kalo hasil seleksi sudah diupload dan disuruh login kembali untuk lihat notifikasi. Disini gue dijadwalkan lg buat tes online tgl 20 April 2017. Wew hampir sebulan berarti gue di re-schedule.

Gue mulai memantapkan raga dan jiwa buat tes tgl 20 April, berusaha buat konsentrasi, makan yg bener, tidur yg cukup, minum air putih yg banyak biar otak jernih, doa dan lain sebagainya. 

Tgl 20 April 2017 enggak ada sms lg berarti enggak ada re-schedule lg haha *trauma*. Jadwal tes gue jam 15.00. Sebelumnya gue makan siang dulu biar konsen, buang air dulu juga itu penting loh biar ga kebelet. Jam 14.30 gue keluar rumah buat cari warnet, karena laptop gue rusak dan biar koneksinya kenceng jg kalo ke warnet.

Awalnya gue ke warnet di pondok bambu tp tukang warnetnya lg bayar listrik, gue liat jam masih jam 14.40 masih lumayan lama pikir gue. Akhirnya gue pindah ke warnet pangkalan jati (deket rumah) tp disini rame bgt banyak bocah yg main game, pikir gue yaudalah gapapa yg penting gue bisa tes. Jam masih menunjukkan pukul 14.55. Berarti masih ada waktu 5 menit buat gue siap siap ngeluarin kertas dan pulpen buat tes matematika, dan kemudian doa. Tepat pukul 15.00 gue login ke website tes online, website ini beda sama website rekrutmen ya jd kalo kita lulus seleksi administrasi nanti akan ada link lg yg dikasih untuk kita login buat tes. Kalo enggak salah ada 4 sub-test disana. Setiap tes ada waktunya sendiri. Tes pertama tes bangun datar ada 20 kalo ga salah, tes kedua tes matematika kayanya ada 20 juga, tes ketiga tes penggabungan kata gitu lupa ada berapa. Dan dengggg! Koneksi internet terputus saat gue lg tes ketiga. Omg…cobaan apalagi iniiiii :’) gue denger yg punya warnet bilang emang hari itu koneksinya lg putus nyambung, gue masih berusaha tenang tp panik jg karena tes gue ada waktunya dan gue takut kehabisan waktu. 

Akhirnya gue keluar dr warnet itu dan pergi ke fotokopian deket warnet, soalnya di tempat fotokopi itu ada komputer yg terhubung jg ke internet. Dan ternyata komputernya lg dipake sama karyawan fotokopi, gue tanya masih lama apa enggak, dia jawabnya “entar dulu ya”. Ngerasa gajelas jadinya gue tinggal, gue pergi ke warnet pondok bambu (warnet pertama yg gue datengin). Dan disini gue baru tau kalo internet providernya lg gangguan jd koneksinya terputus semua, semua warnet begitu rupanya. 

Sudah lelah kesana kemari, gue putusin buat login tes di HP. Aslinya memang sangat tidak direkomendasikan buat tes di HP alasannya kalo di HP internetnya enggak stabil. Tapi kenyataannya gue mau login di pc malah gangguan, login di HP malah lancar jaya. Jd daripada pergi ke warnet lain hasilnya sama aja, gue putusin buat ngelanjutin tes lewat HP. Seenggaknya gue udah berusaha yg terbaik. Toh jg kan tulisannya cuma “tidak direkomendasikan” berarti masih boleh haha *lanjut*.

Setelah login tes lewat HP ternyata gue tinggal melanjutkan tes gue yg belum selesai tadi dan waktu pengerjaannya jg enggak berkurang padahal drama gue bolak balik itu udah makan waktu kurang lebih 20 menit. Setelah selesai di tes ketiga, lanjut tes keempat. Tes keempat itu lebih ke tes psikologis tentang diri kita sendiri, kita akan dihadapkan dengan 2 pernyataan dan kita tinggal pilih satu diantara dua tersebut yg paling mendekati diri kita. Selesai 🙂 waktu menunjukkan pukul 16.00 lewat.

Ngerasa ada yg ganjel, gue putusin buat telepon customer service BPJS Ketenagakerjaan. Di telepon itu gue kasih tau kalo pada saat gue tes di PC internetnya mati dan gue lanjut tes di HP dan menanyakan apakah harus tes ulang atau biarkan saja karena tesnya sudah diselesaikan. Tetapi jawaban customer service tersebut seolah menyalahkan gue kenapa gue tes di HP dan bukan jawab pertanyaan gue yg tadi. Dia jg nanya apakah mozilla/chromenya sudah di update ke versi terbaru, gue jawab sudah dan akhirnya dia bingung dan gue diminta untuk menunggu kembali :’)

Enggak berselang lama pada hari itu juga tepatnya jam 17.22 gue dapet sms dr BPJSTK yg menyatakan permintaan maaf karena ada kendala pada provider jaringan dan gue dijadwalkan kembali untuk tes tgl 2 Mei 2017 dan jamnya diinfokan kemudian. Nunggu 2 minggu lagi :’)

Tgl 1 Mei 2017 enggak ada sms atau email apapun, padahal biasanya kalau ada notifikasi masuk pasti ada sms dan email. Tp hari itu enggak ada. Inisiatif sendiri buat login ke website rekrutmen buat liat notifikasi. Dan sempet dibikin kecewa sama pengumuman terima kasihnya manajemen BPJS Ketenagakerjaan atas partisipasi calon karyawan, padahal disitu posisinya gue belom tes ulang :’) yaudalahya gue lanjut liat notifikasi dan gue dijadwalin tes jam 09.00 

Tgl 2 Mei 2017 cabut dr rumah jam 08.30 ke warnet pondok bambu, tp warnetnya belom buka, warnet pangkalan jati jg gabuka, fotokopian yg ada internetnya error koneksinya, akhirnya dapet warnet di kodam. Disitu udah jam 09.12 emang agak telat tp masih okelah ya soalnya dikasih waktu 2 jam dengan waktu pengerjaan soal cuma 50 menit. Enggak kaya tes pertama, hari itu gue gaada persiapan, lupa sarapan, enggak bawa pulpen dan catetan, dan enggak konsen jg karena depan gue ada orang pacaran *haha apasi*. 

Sub-testnya masih sama, ada 4 sub-test dan ada beberapa soal yg diganti meskipun intinya sama aja. Dan akhirnya setelah 3 bulan dr Februari – Mei kelar juga gue ngerjain Seleksi Tahap 1: Seleksi Online. *horeeeee*

Too much drama ya? Tp ini REAL dan enggak ada bumbu yg ditambahin sama sekali. Kalo dibilang kesel mah pasti iya lah kesel 3 bulan gue di php-in tp disini gue ngambil hikmahnya bahwa hasil tidak akan pernah mengkhianati proses. Sabar dan terus berdoa ya cuy! 😀

Sekarang gue tinggal nunggu pengumuman dr hasil tes online yg katanya sih 2 minggu. Gimana gimananya bakal gue upload ke bagian 2. See u….

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s